CSR

Hey ..akhirnya bisa istirahat sebentar…rata rata pertanyaannya hampir sama..temen temen ingin ekspor tapi belum mengerti istilahnya ..

Okelah Temen-temen sudah sering mendapat penjelasan pentingnya suplier dan buyer ..

Jelas itu hal paling penting ..

Karena pertanyaan tentang materi ekspor itu hampir selalu sama ..

Saya coba sharing di sini ya ..

Bukan berarti saya lebih pintar ..

Bisa langsung memberikan jawaban lain jika saya salah ya …

Kita sama sama belajar ya …

Teman teman di sini tau enggak dokumen ekspor itu apa aja …

Mulai dari hal paling dasar dulu ya kita…

Minimal nama dokumen dan pengertiannya:

Dokumen yang dibutuhkan di ekspor antara lainnya

1. Commercial invoice ..

2. Packing list..

3. PEB..Pemberitahuan ekspor barang 

4. Bill of lading …

5. COO..Certificate of origin 

6. Insurance ..

7. COI ..Certificate of investigation..

8.COA ..Certificate of analysis…

Ada yang mau nambahin…

Atau ada yang kurang mengerti mereka dokumen apa

Selanjutnya proses dalam ekspor itu bagaimana sih…

Pertama kita harus punya produk nya baik itu buat sendiri atau cari suplier ..

Kemudian tahap kedua cari buyer ..

Ketika melakukan komunikasi dan negosiasi 

Setelah itu  ketika sudah sepakat mereka pihak buyer akan menerbitkan PO..

Purchase order ..Atau perintah pembelian 

Biasanya semua di sana lengkap deskripnya …

Kita melakukan produksi atau kesepakatan dengan buyer ..

Kemudian kita arrange forwarder …

Btw tau enggak kalau transportasi internasional itu tidak hanya  forwarder ya …

Ada courier, forwarder , dan EMS ..

Kira kira tau enggak bedanya apa …

Paling enggak kenapa saya sangat mengutamakan Knowledge regarding export process..

At least kalau kita ngerti gak akan dibodohi dan terlihat profesional ya…

Karena dalam proses ekspor itu trustworthy is The crusial one between buyer and shipper …

Courier itu pemilik transportasi contohnya DHL ..FEDEX dan UPS..

Mereka punya pesawat sendiri..Schedule sendiri dan ada ketentuan harga pasti

Saya kasih Tips ..

Pakai ini kalau barangnya kurang dari 45 kg ..

Dijamin lebih murah ..

Kalau di atas itu akan lebih mahal ..

Bisa nih dicoba untuk kirim sample dulu ..

Dan mereka harganya harga pasti sudah ada tabel harganya ..

Yang gak bisa negosiasi dijamin gak akan ditipu ya …

Yang kedua adalah forwarder ..

Mereka ini Agent nya liner atau pelayaran ..

Mereka gak ada pesawat atau kapal tapi mereka bisa arrange shipment kita karena mereka agen dari pelayaran ..

Enaknya forwarder ini mereka bisa menuhin apa yang kita mau..

Kita beneran kaya raja ..

Jadi jangan lagi sebut atau tanya ..

Hey tau forwarder fob enggak atau forwarder CIF enggak ..

Mereka gak ada nama itu ..

Itu terlihat tidak profesional ..

Forwarder gak punya jenis seperti itu adanya nama perusahaan

Yang internasional contohnya 

KWE, NNR, AGILITY , DGF…

Forwarder itu prinsipnya ..

Kamu mau apa saya lakuin ya ..

Yang jelas ini paling banyak dipakai ya…

Paling fleksibel dan membantu dan gercep dari yang lain ..

Paling murah juga sih kalau untuk barang berharga …

Jangan sesekali inisiatif booking sendiri ke pelayaran ..

Karena harga jauh lebih tinggi dari forwarder ya ..

Pelayaran itu mereka yang punya kapal ya ..

Forwarder kan pesennya ratusan container ..jadi harganya kalau di kita harga grosir gitu ..

Tapi kalau kita beli langsung dari pelayaran malah lebih mahal ya

Btw sebelum terlalu jauh kita belajar dulu proses container ya ..

Pelayaran yang punya kapal punya agen namanya forwarder..

Kita pesen kapal lewat forwarder ya ..

Terakhir itu ada EMS ..

EMS itu kalau di Indonesia itu seperti kantor pos ya ..

Kalau forwarder dan courier itu sejenis jne , si cepat dan jnt atau lain lain 

Nah EMS ini paling murah sebenarnya ..

Tapi sebaiknya gunakan ini untuk produk yang nilainya gak berharga..

Karena dia kalau hilang barang kita..

Telusurinya susah karena tiap negara namanya beda beda..mereka ini bisa dibilang joint company ya ..

Lalu kita pelajarin inconterm 2020 

Incoterm itu sendiri 

Internasional commercial term…

Hukum yang mengatur perdagangan international ya …

Tentang harga dan tanggung jawab antara seller dan buyer ..

Tanya:

Knp harga dari forwader beda2 harga penawarannya?

Jawab :

Forwarder itu kan sama seperti kita..mereka melakukan negosiasi dengan pelayaran 

Kalau marketingnya bagus negosiasi ya dapat harga murah ..

Kalau marketingnya kurang bisa negosiasi harganya mahal ..

Itu salah satu faktor nya ..

Faktor lainnya adalah ..

Forwarder yang mesin 1000 container beda dong harganya dengan forwarder yang pesen cuman 100 container ..

Belum biaya perusahaan itu beda beda gaji dan SERVICE karyawan mereka ..

Pasti mereka masukan harga itu juga dalam menetapkan harga ..

Harga cabe di pasar aja bisa beda beda harganya apalagi container ..hehe…

Di incoterms 2020 itu ada 11 term …

Tapi ..

Kita bisa pelajarin yang wajib dan paling sering dipakai ya..

Pertama itu exwork ya ..

Exwork itu tanggung jawab dan biaya nya itu pembeli yang tanggung setelah barang dimasukkan di container di gudang penjual …

Contoh kasus ya ..

Kita punya pabrik di jakarta timur ..

Terus dapat buyer dari Singapore  pakai term exwork …

Jadi tugas dan tanggung jawab kita seller sampai barang di masukan di gudang kita …

Biaya dari gudang kita ke Singapore itu customer yang bayar..customer juga yang cari forwarder ..

Kita tinggal duduk duduk terima uang aja …

Misal nih di perjalanan tanggung Priok amit amit mobil kecelakaan dan barang rusak ..

Kita mah lepas tangan …

Exwork itu paling menguntungkan penjual ..

Tapi ada tapi ..

Kita biasanya gak punya untung banyak ..

Kita sulit bernegosiasi karena kita emang terima beres …

Masuk ke tahapan kedua namanya FCA

Free Carrier alongside…

Keseringan kita taunya FOB kan …

Nah fca ini lebih simpel dari fob ..

Kalau fob kan kita tanggung jawab biaya atau arrange shipment sampai pelabuhan atau naik ke kapal dan ada biaya THC 

Terminal handling Charge kurang lebih 95 USD setara dengan 1.5 juta ya ..

Kalau fca itu gak harus di pelabuhan bisa di CY..Container yard…tempat parkirnya container ..

Bisa juga di Jakarta barat atau di mana saja selain pelabuhan 

Dan keuntungannya gak perlu bayar THC ..untung gak tuh 1.5 juta

Nah masuk ke tahap ketiga ..

Sering disebutkan jangan sampai enggak ngerti dia ini apa ya ..haha

FOB 

FREE ON BOARD ..

kita arrange shipment kita dari ware house kita sampai pelabuhan atau naik kapal

Gak perduli kamu dari Jambi atau dari surabaya kalau pelabuhannya ada di Tanjung Priok ya harus dianter ke sana ..

Penasaran gak sama biayanya ..

Saya kasih contoh ya ..

Perusahaan saya di Karawang ..

Saya booking shipment ke forwarder dengan term FOB..

Biaya yang saya keluarkan adalah …

TRUCKING dari KIIC KARAWANG sebesar 2,150,000.00..itu biaya yang kita bayar ke forwarder pilihan kita ..

Biasanya kalau fob kita berurusan dengan dua forwarder..

Forwarder yang akan urus barang Kita dari ware house ke pelabuhan ..

Dan forwarder kedua  yang akan urus barang kita dari pelabuhan ke tempat ware house pembeli ..

Forwarder pertama Kita yang cari 

Forwarder kedua customer yang cari ..

Saya jarang pakai forwarder hanya 1 kalau fob ..

Karena misal kita inisiatif pakai juga forwarder yang customer pilih ..

Harganya sengaja dimahalkan gila …beneran mahal banget ..haha..

Mending saya cari sendiri…

Ada Pertanyaan Semua komponen biaya yg muncul kalau boleh tau ada dasarnya gak ya? Misal rate harga port to port, atau THC di port ekspor. .

Jawab :
Rate gak ada dasarnya ..

Semua forwarder berhak ngambil untung semau mereka..

Makanya penting survei dan pembanding ..

Misal nih forwarder a 5 juta ke Bangkok, b bisa jadi 9 juta , C bisa jadi 5,5 juta, d bisa jadi cuman 6 juta ..

Paling enggak kita tau rata rata ya 5 Sampai 6 jutaan …

Tapi satu yang paling penting ..

Harga termurah belum tentu SERVICE terbaik ya ..

Trial dan eror itu pasti ada dalam memilih forwarder..

Bisa jadi yang harganya 9 juta itu karena SERVICE dia terbaik ..

Kalau dengan bayar 9 juta kita masih untung dan kita nyaman..

Mending pilih yang 9 juta daripada 5 juta tapi buat stres misal sales forwarder susah dihubungi , galak, gak ramah, gak tanggap.

Ekspor itu beneran seunik dan semenarik itu ya..ngetik sepanjang ini gak capek sama sekali karena semangat dan seru apalagi kalian antusias ..

Kebayang tadi ratusan yang ngechat dan pertanyaan hampir sama ..

Saya sampai harus buat terobosan ..

Tapi apapun yang saya kerjakan hanya saya yang tau nikmatnya berharap bisa sampai ke kalian manfaatnya

ini adalah salah satu bagian nikmat yang tidak bisa di beli / dibayar dengan uang,… bisa berbagi dengan teman2 disini itu nikmatnya,… luar biasa,…

Tanya :

How about if arranged some long term contract with forwarder? Memungkinkan gak kita meminimalisir ongkir? 

Anyway ongkir sendiri kan dibayar sama buyer, tp setidaknya memudahkan ketika proses negosiasi sama pembeli kalau kita dpt harga rendah kan?

Jawab:

Forwarder itu rata rata one stop SERVICE ya ..

Jadi sekali shipment, jalan sampai selesai …

Jadi jarang yang long term gitu ..

Kerja samanya bisa long term tapi SERVICE nya per shipment …

Eliza Aprilia JR, [24 Apr 2021 23.52.09]:

Lanjut lagi ya …

Ada yang namanya CIF dan CFR

CIF 

Cost insurance and freight 

CFR 

Cost and fright 

Kita tanggung biaya sampai pelabuhan negara tujuan misal kita ekspor ke southampton, uk ..

Ya sampai pelabuhan southampton nya..

Contoh perhitungan biaya nya adalah …

TRUCKING dari kiic Karawang ke Tanjung Priok 2,200,000.00

THC 1,500,000.00

Dokumen fee 300,000.00

BL fee 200,000.00

LOLO

LIFT ON LIFT OFF kurang lebih 500,000.00

atau biaya naik turunin container dari kapal ..

Biaya ocean frightnya 85,000,000.00

Dan setiap komponen di atas ada biaya PPN 10 persen

Jadi biaya sampai pelabuhan Southamptonya bisa 100 juta lah ya ….

Bedanya cfr dan CIF 

Itu hanya di huruf i yaitu insurance atau asuransi ya ..

Kalau CIF kita ada insurance yang dibuat oleh seller…

Biasanya msig atau sompo

Biaya insurance itu biasanya kalau dari 1 miliard itu 2 jutaan ya …

Jadi pertimbangkan juga biaya insurance ini karena kita yang nanggung

Bukan sombong tapi saya yakin belum tentu ada yang bisa memberikan penjelasan sedetail ini ..

Saya terjun langsung di ekspor dan menangani ratusan pengiriman setahun ke puluhan negara ..

Saya bangga jadi budak corporate karena saya tau salah satu ilmu paling mahal adalah ekspor .,hehe 

Senang bisa berbagi seperti ini ya

Eliza Aprilia JR, [24 Apr 2021 23.55.17]:

Lanjut lagi ya …

Term yang huruf depannya D

DDU

DPU

DDP…

Bedanya apa sih ..

Mereka ini sering disebut 

Cost at The door..

Maksudnya adalah kita tanggung semua biaya sampai depan pintu dong …

Tapi mereka Tiga ini punya perbedaan yang kita harus hati hati ya ..

DDU

DELIVERY DUTY UNPAID

bahasa gaulnya NBA nganterin barang sampai depan pintu atau warehouse tapi pajak buyer yang bayar …

Kebayang dong pajak masuk atau impor setiap negara itu besar besar loh ..

Contoh ya Jepang itu 

Tax nya 10 persen 

Dan Duty nya 4.8 persen ..

Dari harga invoice ..

Jadi misal barang kita harganya 1 miliard pajaknya aja 150 juta ..mobil brio baru dong …

Tapi ingat ya misal nih kita sudah sampai warehouse customer ..terus waktu bongkar barang ternyata kesalahan operator terus barang kita jatuh dan rusak ..

Bukan urusan kita lagi ya…

Btw hitung insurance itu rata rata seperti dikali 1.01% – 1.03% ya..

Singkatnya kurang lebih kalau barang kita kenapa kenapa nilai barang kita Dibalikin semua dikasih lebih lagi 10 persen ..

Tapi siapa yang mau sih barangnya kenapa napa walaupun dikasih lebih ..

Yang jelas pengurusannya ribet sangat ..

Pernah beberapa kali seperti itu tapi aselin energi terkuras ngurus Claim asuransi ..eh curhat

DPU itu sama seperti DDU ..

Bedanya tanggung jawab kita sampai barang selesai unloading atau bongkar ..

Misal waktu bongkar barang ternyata ada yang rusak karena human eror 

Kita dong yang harus ganti 

Tapi tapi ..

Pajak tetap customer yang bayar ya

Terakhir deh ya term yang ingin El kasih tau yaitu DDP

 DELIVERY DUTY PAID 

Nama kerennya ..pay all in 

Bayar semua sama kita ..

Termasuk pajak..

Musuhnya exwork sih ini ..haha

Biaya perhitungan DDP 

TRUCKING dari kiic Karawang ke Tanjung Priok 2,200,000.00

THC 1,500,000.00

Dokumen fee 300,000.00

BL fee 200,000.00

LOLO

LIFT ON LIFT OFF kurang lebih 500,000.00

atau biaya naik turunin container dari kapal ..

Biaya ocean frightnya 85,000,000.00

Dan setiap komponen di atas ada biaya PPN 10 persen

Jadi biaya sampai pelabuhan Southamptonya bisa 100 juta lah ya ….

Ditambah Import clerence dan Duty biasanya 15 persen dari total invoice ..kalau harga barang kita 1 miliard maka Duty ya bisa jadi 150,000,000.00

TRUCKING ke ware house anggap aja agak dekat dari port ..

20 juta lah sudah Bayar destinasi fee …

Kebayang biaya transportnya berapa ..

Kita Coba hitung ya biayanya …270 juta boy…………biaya ongkosnya aja ..haha

Sedikit senggol LC

Kalau di LC itu nama kerennya document againts payment ya mas ..

Jadi pembayaran by LC yang menyatakan dokumen itu akan diberikan ketika customer sudah Bayar lunas ..

Nama resminya LC dengan pembayaran D/P…

Di sini ada yang mengurus pembayaran dengan LC ..

Saya setiap minggu kurang lebih dua shipment ..

Dan tekanan mental saya diuji dong

Haha LC itu emang paling aman tapi paling berat dokumennya ..

Mana sering dicari letak kesalahan nya ..

Masalahnya kalau salah dikit aja gak sesuai LC itu kena biaya denda 1.5 juta GI mana gak jantungan.

Contoh aja ya saya mengerjakan dokumen dengan pembayaran TT sebanyak 7 shipment setara dengan 1 shipment dengan LC …

Aseli kayaknya yang mengerjakan dokumen by LC wajib banget nih Bayar di atas 2 juta perdokumen ..

Beban mentalnya itu loh dag dig dug banget dong ..

Temen temen gak apa apa ya kalau mau tidur duluan ..

Bisa baca besok pagi ..

Saya akan carry on this LESSON until finish in shaa Allah ..Sebisa saya ya …

Dokumen udah …

Term udah 

Sekarang istilah istilah ya 

Berbagai istilah tentang ekspor …oke kita mulai ya

Pertama 

FCL 

Full container loaded 

Satu container barangnya kita semua dong isinya ..

Jadi kita sewa satu container

Masuk ke LCL 

Less container loaded..

Jadi dalam satu container itu campur campur barangnya gak hanya barang punya kita ya …

Bisa jadi 10 perusahaan atau lebih

Eliza Aprilia JR, [25 Apr 2021 00.29.45]:

Banyak banget yang harus diperhatikan dari LCL ini ya …

Jadi memang kebanyakan harga lebih murah dari FCL 

Tapi biaya tersembunyi nya sesuatu banget dan sering jadi jebakan

Jebakan jebakan dalam LCL ..

Pertama ada minimal CBm 

Udah tau belum cbm itu apa ..haha 

CBm itu 

Cubic meter kurang lebih 1 M3 

Jadi itu P X L X T nya itu 1 M3..

Tapi harus diingat ya kalau ada minimal tagihan..

Rata rata 2 CBm tapi ada yang 3 CBm ..

Minimal tagihan itu artinya walaupun barang kita cuman 1 palet atau 1 CBm yang ditagih tetap 2 CBm atau 3 CBm ya …

Baru satu poin tuh belum ada yang namanya CFS 

Tau enggak CFS apa

Container fright stasion ..

Artinya tempat di mana bongkar muat di pelabuhan untuk barang LCL

Fakta yang harus kalian tau ..

CFS di Indonesia itu murah tapi CFS di negara tujuan bisa gila harganya dong ..

Bisa bisa customer mati gaya nanti bayarnya ..

Makanya jangan coba coba ya pakai LCL tapi 10 palet lebih hanya karena ocean frieghtnya murah ..

Jebakan banyak neng …

Lanjut closing time CY ..

Itu tuh artinya waktu terakhir kita bisa masuk di pelabuhan ya ..

Wajib banget nih merhatiin ini ..

Karena kalau lewat dendanya mahal dan enak kalau denda yang parahnya barang kita ditinggal ..

Lagian kamu siapa ..yang barangnya harus ditunggu .,haha..

Sama kayak naik pesawat telat datang sesuai schedule ya penumpang ditinggal gak mungkin ditunggu kan

Oh ya yang wajib ditanya sama forwarder ya kalau kita booking itu adalah 

ETD 

ETA 

OPEN CY

CLOSING CY

LID TIME

FREE TIME 

JUMLAH CONTAINER 

UKURAN CONTAINER 

JENIS CONTAINER

Minimal kalau kalian nego harga dengan forwarder dan tau istilah ini kalian akan dihargai dan gak akan dibodohi ya …

ETD itu estimate time departure ..

Perkiraan kapal berangkat 

Eta itu Estimate time arrive 

Perkiraan kapal sampai di pelabuhan negara tujuan 

Open CY itu waktu di mana kita udah bisa narik container 

LID time itu waktu yang ditempuh dari pelabuhan asal sampai pelabuhan tujuan ya 

Free time ..waktu kapal kita itu boleh ngetem berapa hari sih di pelabuhan tujuan ..

Lewat dari free time itu biayanya mahal banget …

Rata rata untuk dry container itu 7-14 hari ya waktu gratisnya …

Pakai LCL itu gak salah ..

Asal kita tau makna dan caranya ..

Untuk apa diciptakan LCL kalau dia merugikan ..hehe 

Ada dong Tips dan triknya ….

Pertama pastikan harga CFS di negara kita dan negara tujuan 

Kedua pastikan harga LCL di forwarder ..

Ketiga pastikan barang kamu bukan barang rentan rusak terutama jika di LCL itu barang kan dari berbagai perusahaan dan sering digabung atau kasarnya ditumpuk tumpuk…

Pastikan biaya LCL TRUCKING juga gak terlalu mahal

Saya berani jamin deh ..ikut pelatihan harga 8 juta belum tentu bisa selengkap ini karena beneran hanya kulitnya aja yang dibahas ..

Tapi saya yakin 8 juta di dunia tidak berati dengan 8 juta di akhirat kan ..haha ..Canda ya biar semakin semangat aja kalian bacanya …

Rehat sejenak siapa tau ada yang ingin bertanya ..

Saya berharap kalian sudah mulai terbuka ya dengan ekspor ini ..

Sekarang gak terlalu buta kan 

Jangan sampai ditanya BL aja gak tau ya …

Btw BL itu ada dua jenis menurut siapa yang menerbitkannya 

Pertama direct master BL ..dikeluarkan oleh liner atau pelayaran seperti one atau evergreen ..

Kedua adalah house BL..dikeluarkan oleh forwarder …

Terus jenis BL juga ada tiga berdasarkan kekuatannya…

Pertama original BL ..

Harus kirim ke customer dengan DHL dengan original maksudnya kertas hardcopy ya …

Harus ditanda tangani di belakangnya dan dicap ya oleh seller ..

Paling kuat ini kedudukannya ..

Kedua surrendered BL…

ini kita bisa kirim BL by email ..tapi ada biaya tambahan kurang lebih 400 ribuan ya ..

Jadi prosesnya ..

Forwarder ambil original ke liner ..terus mereka cap basah surrendered ..terus original ya dikasih ke pelayaran lagi dan surrendered BL di Scan sama forwarder kirim by email ..

Kita bisa kirim surrendered BL ini by email ke buyer ..

Biasanya ini untuk shipment dekat seperti Asia tenggara lah …

Terakhir ada sea way bill..

Gak bisa dibilang BL karena dia hanya surat jalan ..

Dan sangat lemah kedudukannya ..

Amit amit customer kabur gak mau Bayar kita gak bisa nuntut apa apa 

Ini mah cuman PDF gitu bentuknya ..

Mana gak ada biaya tambahan …

Tapi customer tetap bisa ambil barang ya dengan ini 

Lemah untuk sosok seller ya ..

Hey tapi ingat 

LC gak bisa pakai sea way bill ya

Wah aseli saya gak sadar …ilmu bertahun tahun yang saya dapat hampir saya tumpahkan dalam semalam..,haha..

Berani Bayar berapa nih untuk jasa dan pengalaman saya sampai bisa nulis gini ..

Maklum saya lagi show off ..,haha

Apa lagi ya yang mau dibahas ..

Oke yang saya ingat aja ya 

Consignee itu artinya buyer atau customer

Di formal letter jarang tulis buyer ya ditulisnya Consignee

Terus jarang tulis seller tapi shipper ..

Ingat dua istilah itu ya

POL itu port of loading seperti Tanjung Priok

POD itu port of discharge seperti southampton ..

Loading itu muat 

Discharge itu bongkar

Terus 

Rata rata container yang kita pakai itu namanya general cargo atau dry container …

Kalau yang buah buahan namanya reefer container karena dia ada pengaturan suhunya …

FYI ya …

Reefer container itu biasanya 8-10 kali dari container biasa

Misal kalau ke Bangkok itu sekarang port to port 7 juta untuk general container 

Kalau reefer container bisa 50-70 juta ya …

Soalnya AC nya standby dong berhari hari ..hehe

Ukuran container itu kalau general container ada 3

Yaitu 20 Feetatau nama formalnya 20 TEU twenty equivalent unit …

Kemudian 40 TEU 

Dan 40 TEU Hc…

Harus diingat dan dicatat baik baik ya temen temen 

Baik 20 TEU dan 40 TEU maksimalnya 25 Ton ya percontainernya ..

Lah terus apa bedanya dong kalau gitu..

Harganya kan juga jauh tapi berat sama aja ..

Mending 20 TEU lah …

Hus…

Tenang dulu tenang ..

Pelayaran tidak sekurang kerjaan itu ngerjain kita ..haha

Beda antara 20 TEU sama 40 TEU itu terdapat pada kubisasi atau CBM-nya ya ..

Jadi 20 TEU itu rata rata kubisasinya 31 CBm 

Kalau 40 TEU ya bisa 60 CBm ..

Ingat aja dulu konsep ini ..

Emang perlu praktik kalau cara menghitung kubisasi ..

Yang jelas ini poin penting sangat …

Sederhananya gini ..

Ada besi berat nya 25 Ton nih ..

Dia paling bisa menggunakan kubisasi 30 CBm ya kita harus pilih 20 TEU dong ..

Tapi kalau kita mau ekspor kapas beratnya sama 25 Ton masih kita pakai 20 TEU juga ..

Kan kapas ringan dan makan banyak tempat ..

Mau gak mau pakai yang 40 TEU ya ..

Karena kapas 25 Ton itu bisa makan ruangan misal 60 CBm..

Sampai sini nyambung kan

Saa jamin deh semakin kalian baca tulisan saya ..

Kalian akan semakin tertarik dan jatuh cinta dengan ekspor karena memang semenarik dan seseru itu.. apalagi mau join bareng di www.agrojaya.id 

Jadi semangat ya baca dan belajarnya

Oh ya lupa ngasih tau ..

Untuk LCL dan pesawat itu wajib ya pakai shipping mark …

Kalau di Indonesia itu label namanya ..

Kebayang kan satu container itu banyak perusahaan kalau gak ada shipping marknya ..

Customer mana bisa tau mana yang punya dia ..

Masuk akal kan

Biasanya shipping mark itu ditulis sesuai nama alamat customer nya ..

Tapi kalau mau beda juga gak apa apa ..

Asalkan baik seller dan buyer tau maknanya

Dan ingat ya yang saya jelaskan ini ..baru by sea atau laut ..

Kalau by air tambah ribet dan ketat banget ..

Lain waktu kita bisa lanjut sharing ..

Sekarang saya coba maksimalin dulu by sea ya …

Tulisan By Member Bisa Eksport @ELIZAAPRILIAJR (Export staff at PT DNP INDONESIA)